5 Kiat Mencegah Osteoporosis dari SehatQ

  • Whatsapp
5-Kiat-Mencegah-Osteoporosis-dari-SehatQ
Foto dari Canva Pro

Lansia acap mengalami masalah kesehatan seiring faktor usia yang rentan terkena penyakit degeneratif. Selain masalah penyakit kardiovaskuler, lansia sering mengalami risiko persendian dan penurunan kepadatan tulang. Pada orang tua yang mengalami masalah osteoporosis, maka Anda bisa membantu mengatasi rasa sakit yang mendera dengan konsultasi dokter ortopedi terpercaya. Dokter akan membantu menangani gangguan sistem muskuloskeletal yang mencakup gangguan pada tulang, persendian, jaringan atau otot, dan masalah penuaan lain.

Mencegah penyakit osteoporosis pada lansia

Supaya Anda atau orang tua terbebas dari penyakit osteoporosis pada usia yang semakin lanjut, sebaiknya lakukan pencegahan sejak usia produktif dengan beberapa cara berikut :

1. Memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D

Selain rajin mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari, Anda harus memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D dari makanan laut, daging organik dan susu sapi. Anda bisa membeli produk susu kaya protein yang rendah gula untuk konsumsi lansia setiap hari, ya!

2. Melakukan olahraga rutin

Meskipun usia sudah mulai lanjut, tapi Anda harus rajin mengajak orang tua melakukan olahraga secara rutin. Tidak ada salahnya memilih jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan intensitas yang lebih ringan, misalnya jalan kaki di sekitar rumah setiap hari. Rajin olahraga dan melakukan aktivitas fisik bisa menjaga kepadatan tulang tetap terjaga tanpa harus menunggu rasa nyeri menyerang persendian dan tulang.

3. Bebas dari rokok dan alkohol

Pada lansia yang masih aktif merokok dan mengkonsumsi alkohol, maka risiko penyakit osteoporosis sangat tinggi. Segera lakukan pembatasan kebiasaan buruk yang bisa memperparah kondisi kesehatan tulang orang tua Anda.

4. Rajin konsultasi dengan dokter

Anda wajib melakukan konsultasi dengan dokter ortopedi bila mengalami indikasi atau gejala yang mengarah pada penyakit osteoporosis. Dewasa ini, Anda bisa menemukan ragam artikel tentang pengetahuan, tips dan trik dalam menjaga kepadatan tulang lebih maksimal. Apalagi pada masa pandemi seperti sekarang ini, Anda bisa melakukan konsultasi online saja mengingat lansia rentan tertular Covid-19 dengan masa penyembuhan lebih lama bila memiliki riwayat penyakit tertentu.

5. Melakukan pemeriksaan dan tes kepadatan tulang

Demi mencegah osteoporosis menyerang pada usia tua kelak, Anda harus rajin melakukan pemeriksaan dan tes kepadatan tulang. Seiring pertambahan usia yang semakin tua, maka kepadatan tulang akan berkurang yang menyebabkan orang tua tidak mampu melakukan aktivitas fisik seperti semula.

Periksa pada dokter spesialis ortopedi terbaik akan membantu Anda dalam melakukan tindakan penanganan yang diperlukan. Dokter akan melakukan diagnosis dengan pemeriksaan fisik, pemeriksaan tambahan berupa tes darah, analisis cairan sendi, CT scan, dan lain-lain. Kondisi pasien sangat menentukan tindakan penanganan lanjutan seperti pemberian obat-obatan atau tindakan non bedah lain.

Buat Anda yang memiliki lansia di rumah, sebaiknya lakukan pencegahan dengan beberapa kiat penting di atas, ya! Perhatikan asupan makanan kaya kalsium dan vitamin D agar bisa memenuhi kebutuhan harian lansia. Bila lansia menderita penyakit osteoporosis atau kasus persendian lain, selalu lakukan konsultasi dengan dokter melalui media online yang lebih praktis.

Gunakan fitur chat dokter gratis dari SehatQ untuk mendapatkan informasi dan tindakan penanganan dari rumah saja. Bila kondisi pasien perlu pemeriksaan lebih lanjut, Anda bisa menggunakan fitur booking dokter yang sangat praktis di situs SehatQ. Tinggal buat janji dengan dokter ortopedi yang memiliki ijin praktik resmi di klinik atau rumah sakit terdekat dengan rumah Anda, ya! Lebih mudah, praktis dan hemat waktu untuk mengambil antrian panjang, kenapa tidak?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *