Info SehatQ Seputar 5 Tips Memilih Sendok Makan Bayi yang Aman Digunakan

  • Whatsapp
Info-SehatQ-Seputar-5-Tips-Memilih-Sendok-Makan-Bayi-yang-Aman-Digunakan
Foto dari Canva Pro

Masuk ke usia 6 bulan, bayi akan memulai perjalanan MPASI. Ia akan mulai belajar makan dan orang tua harus memfasilitasi serta membimbing sebaik mungkin. Salah satunya adalah lewat pemberian makanan yang bergizi serta penggunaan alat makan yang tepat. Sendok makan bayi harus dipilih yang terbaik agar bisa membantu proses makan berjalan optimal.

Memilih Sendok Bayi

Produk sendok bayi saat ini sangat beragam. Sebaiknya Anda tidak asal-asalan memilih sendok yang akan digunakan si kecil untuk belajar makan. Agar proses makan berjalan baik dan lancar, berikut adalah 5 tips pemilihan sendok makan yang tepat untuk bayi:

1. Pilih yang Berbahan Lembut

Mulut bayi masih sangat sensitif dan ia bisa saja mengalami trauma makan jika sendok yang digunakan berbahan kasar. Pilihlah produk sendok makan yang memakai bahan lembut. Bahan sendok yang lembut tentu membuat bayi merasa nyaman saat sendok masuk ke dalam mulutnya. Selain itu, sendok yang berbahan lembut juga memiliki risiko rendah mengganggu pertumbuhan gigi bayi.

Ada banyak tipe bahan yang sering digunakan dalam pembuatan sendok bayi. Mulai dari silikon, karet, hingga plastik. Coba cek kembali teksturnya dan rasakan di jemari Anda. Pastikan bahannya cukup lembut sehingga tidak membuat bayi kaget apalagi sampai melukai bagian lidah dan rongga mulutnya.

2. Pastikan Bahan Tahan Panas

Sangat disarankan untuk memakai sendok makan yang terbuat dari bahan tahan panas. Hindari pemakaian sendok yang bisa menghantarkan panas. Hal ini akan sangat berbahaya karena bisa membuat lidah si kecil terbakar. Anda bisa melihat detail kemasan produk. Biasanya akan tercantum informasi bahwa bahan yang digunakan untuk sendok tersebut sudah tahan panas.

3. Perhatikan Desain atau Bentuk Sendok

Bentuk dari sendok makan yang akan dipakai juga harus diperhatikan dengan seksama. Pilihlah sendok yang memiliki ujung membulat atau tumpul. Bentuk sendok semacam ini sangat ergonomis bagi si kecil. Bentuknya sangat aman untuk dimasukkan ke mulut bayi sehingga risiko terluka tergolong minim.

Sendok makan bayi juga sebaiknya memiliki bentuk atau desain yang paling nyaman bagi sang ibu. Pilihlah bentuk sendok yang nyaman untuk digenggam. Pastikan ibu juga merasa nyaman saat menyuapi si kecil makan. Jika si ibu merasa nyaman maka aktivitas makan juga akan berjalan lebih lancar untuk bayi. Apalagi proses makan si kecil tergolong lama sehingga akan dibutuhkan peralatan yang ergonomis.

4. Pastikan Terbuat dari Bahan Aman

Periksa kembali detail produk di kemasannya sebelum membeli. Pilihlah alat makan, termasuk sendok, yang terbuat dari bahan aman. Pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan kimia seperti BPA, phthalate, juga PVC. Biasanya sudah tertera di kemasan produk apakah memang sudah free dari bahan-bahan kimia berbahaya atau tidak.

5. Pilih Ukuran yang Tepat

Gunakan sendok makan dengan ukuran yang tepat. Bayi tentu memiliki ukuran mulut yang mungil, jadi pilihlah sendok makan dengan ukuran kecil. Jika ukuran sendok terlalu besar maka bayi akan kesulitan untuk menerima makanan yang masuk ke mulut. Akibatnya, ia malah jadi malas makan dan sulit mengendalikan emosi saat waktu makan tiba.

Pemilihan alat makan seperti sendok yang tepat akan membantu bayi makan dengan nyaman. Anda bisa menemukan beragam jenis rekomendasi dan review produk peralatan makan bayi ini di layanan SehatQ. Di sana tersedia banyak sekali informasi menarik tentang gaya hidup serta kesehatan yang pasti akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *