Panduan Cara Menyusun Laporan Pajak Online dengan Mudah dan Efisien

  • Whatsapp
Panduan-Cara-Menyusun-Laporan-Pajak-Online-dengan-Mudah-dan-Efisien
Foto dari Canva

Pembayaran pajak menjadi sebuah kewajiban yang memang harus ditunaikan. Pajak ini merupakan pembayaran yang dibebankan oleh pihak pemerintah atas penghasilan seseorang, perusahaan, maupun sumber lainnya. Saat ini metode penyusunan laporan pajak online dihadirkan demi mempermudah para wajib pajak sehingga tak ada alasan lagi untuk telat membayar pajak atau bahkan menghindar.

Mengisi Laporan Pajak

Dokumen laporan pajak yang bisa diisikan secara online ini disebut sebagai e-filing. Proses pengisiannya tergolong praktis dan mudah serta lebih hemat waktu karena bisa dilakukan secara online. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pengisian e-filing, maka penting untuk diketahui terlebih dahulu seperti apa prosedurnya. Berikut ini adalah petunjuk cara pengisian e-filing yang bisa Anda ikuti:

1. Temukan Alamat Email KPP

Pertama, silakan cari tahu dulu alamat email resmi dari KPP Anda. KPP merupakan Kantor Pelayanan Pajak dan harus sesuai dengan tempat Anda membuat NPWP. Untuk bisa menemukan alamat email KPP ini Anda bisa melihat daftar resmi yang dirilis lewat situs pajak negara yakni pajak.go.id/id/unit-kerja. Di sana daftar KPP lengkap dengan alamat emailnya dan bisa diakses secara bebas.

2. Mintalah Nomor EFIN

Selanjutnya silakan kirimkan email ke KPP yang sudah ditemukan tadi. Pastikan alamat KPP-nya sudah benar. Dalam email tersebut isikan subjek PERMINTAAN NOMOR EFIN. EFIN ini merupakan kependekan dari Electronic Filing Identity Number dan singkatnya merupakan nomor PIN yang akan digunakan sebagai autentikasi supaya e-filing bisa terenkripsi secara rahasia.

Pada badan email yang akan dikirimkan ke KPP, Anda bisa menuliskan daftar identitas lengkap. Mulailah dengan mengisi nomor NPWP, nama lengkap, NIK, alamat domisili serta nomor HP yang digunakan. Jangan lupa sertakan juga swafoto yang menampilkan Anda memegang KTP. Pastikan foto tersebut jelas dan KTP bisa dilihat dengan jelas juga.

3. Tunggu Kode EFIN Dikirimkan

Jika email permintaan kode sudah terkirim maka Anda tinggal menunggu saja. Biasanya kode EFIN akan dikirimkan selama kurang lebih satu hari kerja. Apabila dalam kurun waktu tersebut tidak kunjung mendapat balasan maka bisa langsung mengirimkan ulang permintaan kode EFIN. Nantinya kode ini akan dikirimkan secara digital berupa dokumen PDF.

4. Lakukan Pengisian e-Filing

Jika sudah mendapatkan kode EFIN artinya Anda sudah bisa melakukan pengisian laporan pajak online atau e-filing. Langsung saja masuk ke djponline.pajak.go.id. Langsung masukkan NPWP Anda kemudian ketikkan password dan nomor verifikasi. Setelah itu klik login dan tunggu sampai Anda diarahkan masuk ke laman DJP online. Saat Anda sudah berhasil login, segera klik menu e-filing dan pilih opsi Buat SPT.

5. Jawab Semua Pertanyaan

Begitu masuk ke menu Buat SPT nantinya Anda akan dihadapkan pada berbagai jenis pertanyaan. Semua pertanyaan ini akan termuat dalam formulir SPT dan harus dijawab secara lengkap. Jika sudah selesai menjawab pertanyaan maka Anda akan langsung diarahkan ke pengisian formulir sesuai dengan pertanyaan yang sudah dijawab tadi.

6. Lakukan Pengisian Data

Salah satu bagian terpenting dalam penyusunan e-filing adalah mengisi data atau formulir. Di sini Anda harus benar-benar memperhatikan kelengkapan data pribadi yang akan diisikan. Selain itu, masukkan juga data SPT yang akan dilaporkan secara cermat. Pastikan bahwa semua data dan informasi yang dimasukkan sudah benar. Jangan lupa untuk memeriksa ulang data sebelum dilakukan submit.

Bagian pengisian data ini juga seringkali menjadi penyebab para wajib pajak merasa bingung. Proses pengisian data dan pelaporan SPT bisa saja tidak sesuai dengan data asli. Silakan pelajari dulu cara pengisian data ini dengan melihat petunjuk di laman website pajak atau bisa juga dengan bertanya pada orang yang sudah berpengalaman.

7. Masukkan Kode Verifikasi

Apabila semua data sudah dipastikan benar dan terisi secara lengkap maka langkah berikutnya adalah mengambil kode verifikasi. Silakan dapatkan kode verifikasi lewat email yang sudah terdaftar tadi. Setelah itu langsung masukkan kode verifikasi dan kirimkan SPT Anda.

Itulah tadi petunjuk singkat pengisian laporan pajak online atau e-filing. Prosedur pengisian laporan ini mungkin akan terasa rumit bagi yang baru melakukannya untuk pertama kali. Kuncinya hanya ikuti petunjuk yang ada dan pastikan semua data diisikan secara benar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *