Sebelum Beli Mobil, Pastikan 8 Fitur Keselamatan Penting Ini Tersedia

  • Whatsapp
Sebelum-Beli-Mobil-Pastikan-8-Fitur-Keselamatan-Penting-Ini-Tersedia
Foto dari honda-indonesia

Semakin tingginya mobilitas membuat jumlah pengguna mobil pribadi semakin bertambah setiap harinya. Berbagai jenis mobil bisa ditemukan di jalan raya, seperti Honda HRV yang belakangan menjadi mobil para eksekutif muda.

Memiliki mobil sebagai sarana untuk bepergian memang penting, tapi lebih penting lagi apabila Anda memperhatikan faktor keselamatan berkendara. Salah satunya dengan cara meminimalkan risiko mengemudi dengan memastikan fitur keselamatan tersedia di mobil Anda.

Fitur dalam Mobil yang Memastikan Keselamatan Pengemudi

Saat ini pabrikan mobil semakin menyadari pentingnya fitur keselamatan di mobil-mobil yang mereka produksi. Keselamatan menjadi aspek penting dalam pembuatan mobil dan diberikan perhatian lebih sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan pengemudi maupun penumpang memiliki peluang menyelamatkan diri lebih tinggi.

Berikut 8 fitur keselamatan yang harus ada di mobil:

1. Sabuk Pengaman

Baik mobil baru maupun bekas harus dilengkapi dengan fitur keselamatan yaitu sabuk pengaman. Bahkan mobil keluaran lama pun memilikinya. Sabuk pengaman dengan pretensioner dan load limiter akan menjadi salah satu alat pengaman pertama yang membuat pengemudi mobil maupun penumpang terjaga keselamatannya saat berkendara.

2. Air Bag

Air bag menjadi salah satu fitur yang banyak membantu menyelamatkan pengemudi saat terjadi kecelakaan. Fungsinya agar pengemudi maupun penumpang bagian depan tidak terbentur pada bagian keras mobil di depan atau samping. Pada Honda HRV maupun mobil-mobil keluaran satu dekade terakhir, air bag menjadi fitur yang selalu diselipkan sebagai salah satu fitur penyelamat kala berkendara

3. Anti-lock Braking System (ABS)

ABS merupakan fitur keselamatan yang juga sangat penting seperti keberadaan air bag, ABS juga menjadi salah satu fitur dalam mobil-mobil keluaran sepuluh tahun terakhir.

ABS punya fungsi pencegahan terkuncinya roda saat terjadi pengereman mendadak. Di kondisi jalanan licin akibat hujan fitur ini akan sangat bermanfaat membantu mobil tidak tergelincir dan menyebabkan kecelakaan.

4. Kontrol Stabilitas dan Traksi

Mobil yang hilang kendali karena melaju dalam kecepatan tinggi seringkali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Dengan adanya pengontrol stabilitas dan traksi hal ini dapat dihindari. Fungsinya memperlambat laju mobil dengan mengintervensi rem dan gas sehingga mobil lebih mudah dikendalikan.

5. Daytime Running Light (DRL)

DRL memiliki pengaruh pada visibilitas pengemudi lain sehingga memberikan perhatian lebih saat berkendara. Lampu yang menyala pada siang hari ini dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan karena menyinari area depan kendaraan sekaligus membuat pengemudi lain lebih perhatian.

6. Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

Fitur canggih TPMS merupakan penemuan baru yang mampu memantau tekanan ban. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk mengetahui tekanan angin dalam ban, juga untuk mendeteksi apakah terjadi kebocoran.

7. Auto-dimming Rear View Mirror

Fitur auto-dimming rear view mirror lebih banyak digunakan pada mobil dengan harga Rp300 juta ke atas, karena masuk dalam fitur canggih. Fitur ini mencegah pengemudi menggunakan lampu high beam yang tidak sesuai peruntukkannya sehingga meminimalkan timbulnya kecelakaan.

8. Kamera dan Sensor Parkir

Fitur ini akan sangat membantu saat Anda hendak memarkir mobil. Adanya kamera dan sensor akan memantau bagian belakang dan memperhitungkan jarak saat Anda hendak memarkir. Sensor bagian depan dan belakang akan memberikan bentuk visual melalui monitor sehingga pengemudi dapat memarkir dengan aman.

Fitur-fitur keselamatan ini sudah terselip dalam Honda HRV sehingga Anda tidak perlu ragu saat menggunakan mobil satu ini. Keselamatan pengemudi maupun penumpang telah terjaga dengan ditanamkannya fitur-fitur canggih di setiap bagian penting mobil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *